Tips: 7 Cara Menghargai Pasangan Anda

Jika Anda ingin menjalin sebuah hubungan yang bertahan lama dan berhasil, Anda harus memulainya atas dasar sikap saling menghargai. Anda harus bisa melihat diri sendiri dan pasangan Anda sebagai sebuah tim dan Anda harus bisa menjadi orang yang mampu bertenggang rasa, jujur, dan penuh kasih sayang. Akan tetapi tidak ada seorang pun yang sempurna, dan Anda harus bersedia meminta maaf dengan tulus jika Anda sudah melakukan kesalahan. 


Jika Anda dan pasangan Anda mau berusaha, Anda berdua bisa memiliki hubungan yang bahagia dan saling menghargai. Ada 7 cara, yaitu :



1. Lihatlah Anda berdua sebagai pasangan sejati. Jika Anda ingin menghargai pasangan Anda, berusahalah melihat kebersamaan Anda berdua sebagai sebuah tim yang kompak. Anda harus berpikir sebagai sebuah tim dalam membuat keputusan bersama dan selalu pertimbangkan pasangan Anda pada saat Anda ingin membuat keputusan pribadi. Anda harus bisa melihat bahwa Anda berdua sedang berjuang mencapai tujuan yang akan membuat Anda berdua lebih kuat, dan jangan merasa seperti pasangan dengan kebutuhan dan keinginan yang saling bertentangan. Jika Anda benar-benar mampu melihat diri Anda sebagai bagian, Anda bisa memberikan pasangan Anda penghargaan yang layak diterimanya.
  • Pada saat Anda dan pasangan Anda menjalani kehidupan sehari-hari, Anda harus memandang diri Anda sebagai pihak yang dipersatukan. Meskipun Anda tidak selalu bisa setuju atas segala hal, Anda harus berusaha memperlakukan satu sama lain dengan keramahan dan penghargaan dan buatlah keputusan yang saling mendukung satu sama lain.
  • Walaupun Anda tidak harus mempunyai pikiran yang selalu sama dengan pasangan Anda, Anda bisa berlatih mengatakan “Kita” pada saat Anda membuat keputusan bersama, hindarilah kebiasaan memulai kalimat Anda dengan “Saya…”


2.  Jika Anda tidak setuju dengan pasangan Anda, diskusikan hal ini dengan bersikap menghargai. Anda tidak bisa selalu sependapat dengan pasangan Anda, dan ini baik-baik saja. Namun pada saat terjadi perbedaan, Anda harus mendiskusikannya dengan sikap yang menghargai. Jika Anda mengucapkan kata-kata seperti, “Itu adalah gagasan yang bodoh…” atau, “Saya tidak percaya kamu ingin melakukannya…” maka ini akan membuat pasangan Anda marah dan membela diri dan tidak akan terjadi percakapan yang berhasil. Berusahalah mendengarkan pasangan Anda dan tetaplah bersikap ramah pada saat ia menjelaskan pendapatnya.
  • Ingatlah bahwa jika Anda mulai bersikap menyerang dan marah, pasangan Anda akan lebih tidak ingin membagikan gagasannya atau membuat kesepakatan.
  • Daripada bersikap merendahkan atau kasar pada saat Anda tidak setuju, Anda bisa mengatakan, “Saya bisa mengerti mengapa kamu melihatnya seperti itu…” atau, “Saya menganggap pilihan itu bukanlah pilihan yang paling tepat untuk saat ini…” Ingatlah bahwa cara Anda mengatakan sesuatu bisa sama pentingnya dengan apa yang Anda katakan.
3. Belajarlah memberikan toleransi dan menghargai perbedaan. Pada saat Anda menjalani sebuah hubungan, Anda akan menemukan beberapa cara yang sangat jauh berbeda antara Anda dan pasangan Anda. Mungkin pasangan Anda adalah seseorang yang ingin selalu rapi secara berlebihan sementara Anda adalah seseorang yang tidak terbiasa rapi; mungkin Anda sangat suka bergaul sementara pasangan Anda orangnya pemalu; walaupun Anda bisa membuat sedikit perubahan agar bisa saling menyesuaikan diri satu sama lain, Anda tidak bisa berubah total, dan Anda harus belajar menerima dan menghargai perbedaan yang ada jika Anda benar-benar ingin menghargai pasangan Anda.
  • Tentu saja, jika Anda adalah orang yang sangat tidak rapi dan pasangan Anda adalah seseorang yang ingin rapi secara berlebihan, Anda harus menghargai aturan-aturannya dan menjaga agar rumah Anda tetap bersih, meskipun Anda tidak bisa memenuhi aturan yang diinginkannya.
  • Jika ada hal-hal tertentu dari pasangan Anda yang mengganggu Anda tetapi Anda tidak bisa mengubahnya, misalnya rasa sayangnya yang berlebihan kepada anjingnya, maka Anda harus bisa menghargai dan belajar menjalani hidup dengan mereka jika Anda ingin melanjutkan hubungan yang baik.
4. Akuilah kontribusi dari pasangan Anda. Agar Anda bisa menghargai pasangan Anda, berusahalah memberi tahu pasangan Anda jika ia sudah melakukan hal-hal dengan benar. Anda bisa saja sepanjang waktu menggerutu kepada pasangan Anda atau bersikap negatif tentang semua masalah yang Anda hadapi atau yang membuat Anda berdua tidak bisa bahagia bersama; tetapi jika pasangan Anda berusaha menghibur Anda pada saat Anda menghadapi kesulitan, memasak makanan yang enak buat Anda, atau selalu bersikap baik dan penuh perhatian, berusahalah untuk benar-benar membuat pasangan Anda tahu betapa berartinya ia bagi Anda.
  • Anda bisa melakukan hal ini dengan mengucapkan “terima kasih” dan tulislah surat cinta yang Anda tujukan khusus bagi pasangan Anda, atau sempatkan diri memberikan pengakuan atas perilakunya yang positif.
  • Jika Anda tidak pernah memberikan pengakuan atas hal-hal baik yang telah dilakukan oleh pasangan Anda untuk Anda, ia akan melihatnya sebagai tanda dari sikap tidak menghargai, sebab sepertinya Anda tidak mempedulikannya sama sekali.
5. Hargailah diri sendiri. Sebenarnya, jika Anda ingin dihargai, Anda harus bisa menghargai diri Anda sendiri terlebih dahulu. Anda harus memperlakukan tubuh Anda dengan baik, hindarilah perilaku yang membuat Anda kehilangan penghargaan terhadap diri sendiri, seperti ketagihan alkohol atau bersikap kasar terhadap orang yang tidak dikenal, dan Anda harus melakukannya dengan cara yang membuat orang lain percaya bahwa Anda memang layak untuk dihargai. Jika Anda tidak memiliki pemahaman ini, Anda akan mengalami kesulitan dalam menghargai pasangan Anda atau membuat pasangan Anda menghargai Anda.
  • Pastikan bahwa Anda sungguh-sungguh menghargai dan peduli kepada diri Anda sendiri sebelum Anda benar-benar siap menghargai orang lain.


6. Belajarlah membuat kesepakatan. Cara lain untuk menghargai pasangan Anda adalah dengan memiliki kemampuan untuk membuat kesepakatan atas hal-hal yang tidak bisa Anda setujui. Pada saat Anda membuat keputusan bersama, hal yang terpenting adalah Anda berdua harus bisa saling mendengarkan satu sama lain dan pastikan bahwa Anda mengerti dengan tepat apa yang diinginkan oleh pasangan Anda dalam masalah ini. Setelah itu, barulah Anda bisa mendiskusikan pro dan kontra dari situasi yang dihadapi dengan sikap yang saling menghargai dan berusahalah mencapai sebuah resolusi yang bisa membuat Anda berdua merasa bahagia.
  • Pada saat harus membuat kesepakatan, Anda akan menyadari bahwa lebih baik merasa bahagia daripada merasa benar. Belajarlah untuk memilih mana yang terbaik dan tentukan apakah akan lebih baik jika pasangan Anda mendapatkan apa yang dia inginkan; dan pada saat Anda sangat menginginkan hal yang berbeda, Anda bisa memperjuangkannya.
  • Jika harus membuat keputusan yang tidak begitu penting, misalnya ingin makan di mana, mungkin lebih baik jika Anda tidak memutuskannya.

7. Memenuhi tanggung jawab bersama. Jika Anda dan pasangan Anda ingin saling menghargai, Anda harus memenuhi tanggung jawab bersama. Ini artinya lebih dari sekedar meminta maaf pada saat Anda melakukan kesalahan, tetapi selalu menyadari setiap kali Anda bersikap tidak menghargai pasangan Anda, dan Anda juga tahu bahwa pasangan Anda sadar akan sikapnya yang tidak menghargai Anda. Selama Anda berdua memiliki kesadaran dan mengerti apa artinya tidak saling menghargai dan mau bertanggung jawab atas tindakan Anda, maka Anda akan mempunyai hubungan yang bertahan lama dan berhasil.
  • Contohnya, jika Anda terlambat dua jam sampai di rumah tanpa menelepon, sementara Anda tahu istri Anda sangat mengharapkan bisa berdua dengan Anda di rumah pada malam itu, Anda sebenarnya sudah bersikap tidak menghargai pasangan Anda dan harus bertanggung jawab atas apa yang sudah Anda lakukan.
  • Contoh lain, jika pasangan Anda mengajak seorang teman untuk bergabung dalam sebuah acara yang sebenarnya adalah janji kencan, pasangan Anda harus bertanggung jawab atas perbuatannya yang tidak menghargai Anda.
  • Selama Anda berdua bisa saling mengoreksi dan menemukan keseimbangan dalam hubungan Anda dan merasa nyaman untuk mendiskusikan kekeliruan yang sudah dilakukan, Anda sudah berjalan ke arah yang benar.